STAN vs. UI

Ugh, kasihan banget adek gue. Saking kepinteran dia jadi dapet Akuntansi UI dan STAN. Jadi bingung mau masuk yang mana.

Beberapa orang (termasuk orang tua gue), menyarankan masuk STAN. Gue malah memperburuk suasana dengan membela memasuki Akuntansi UI, maklum bela almamater. Duh, gue jadi merasa bersalah bikin dia ragu-ragu.

Kira-kira enakan masuk mana, yah? Gue juga gak tahu keuntungan masing-masing.

Hasil debat sementara:
~ Untuk jangka panjang masuk UI, untuk jangka pendek STAN.
~~Tapi, dia itu kan cewek, ntar pas menikah kemungkinan besar karir terhambat. Eits, ntar, dulu, sekarang kan jamannya emansipasi, bisa aja cowoknya yang jadi BRT.
~ STAN sarang korupsi, kalo masuk STAN jadi pegawai negeri. Kalo mau kaya harus korupsi. Tapi kalo masuk UI, lulus masuk jadi akuntan publik. Sekarang ini, orang membayar akuntan publik untuk memanipulasi nilai pajak dan aset. *SIGH*. Jadi gak ada yang beres
~ dll.

Yah, udah gue jadi bingung, apa lagi dia nanya saran gue. Buah, gue gak pengalaman buat gini-ginian. Selama ini hidup gue udah terencana dan terarah. Gue udah dari sejak smp pengen masuk Fasilkom. Gue udah dari kecil suka komputer, so gue gak tahu lagi ladang pekerjaan laen.

Doh, pusing.. pusing.. pusing...

Comments

  1. gue dulu juga masuk STAN koq, Jep...dan akhirnya gue milih UI berhubung prestisenya lebih kerenan aja...hehehe...biar bisa ketemu elo...

    jieh, uhuy...

    ReplyDelete
  2. UI lah

    temen gw masuk SeTAN ngomongnya jadi bahasa daerah -_-

    ReplyDelete
  3. UI lah jep..
    gw jg dulu lulus stan, n akhirnya setelah berbagai penyelidikan tentang keduanya oleh om (tulang) gw, ya gw disaranin masuk UI aj. Lagian rentang gaji D3 ama S1 itu masih terlalu jauh.

    ReplyDelete
  4. Anonymous8:19 AM

    lulusan D3 STAN bisa masuk S1 UI tapi kl S1 UI ga bisa masuk STAN, malah bisa biayain sendiri lagi klo udah lulus STAN kul di UI.

    Korupsi mah tergantung orangna...
    emang banyakan mana orang yang korupsi dari alumni UI apa STAN ?

    sebutin orangna !

    UI - Mulyana (KPU, Nazarudin Syamsudin (Ketua KPU/ Guru besar UI),etc.....
    yang nangkepna orang BPK - Khairiansyah alumni STAN...etc....

    kalo emang mental korupsi bukan cuma di pegawai negeri aja.. banyak juga laenna contohna akuntan publik yang tidak berkompeten sehingga merugikan negara dengan memanipulasi laporan keuangan, akibatnya tahun 97 resesi ekonomi yang berkepanjangan karena semua laporan keuangan yang trlihat indah itu PALSU !!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  5. gw taun lalu jg ketrima di Akun UI n STAN. ortu si nyuruh STAn, trus om tante UI. gw cm ngasi syarat ke ortu gw, gw bakal ninggalin Akun UI asalkan yg ditrima di STAN tu adm. perpajakan..

    berhubung gw tnyt ketrima di pajak STAN, jadilah UInya ditinggal aja, tp krna masi cintanya gw ma UI gw ikut kuliah UI slama seminggu n nunggu pembagian jas almamater, setelah tu.. nasib gw berlanjut di STAN..

    hm.. gw si dah pnya planing lanjut S1 di UI juga sbelum cabut ke london economic school bwt ngambil S2..

    ReplyDelete
  6. dimas1:00 PM

    yah..buat lo lo pada nih ya, yang pada punya nasib duniawi yang baek. slamat aja deh. g smuaorang seberuntung kalian. dikasih pilihan yang nawarin surga gitu. nih samping gw da yg hampir depresi g di terima di stan. untung masih punya iman dia. nah kalian pada punya juga kan???? :)

    ReplyDelete
  7. Anonymous1:01 PM

    yah..buat lo lo pada nih ya, yang pada punya nasib duniawi yang baek. slamat aja deh. g smuaorang seberuntung kalian. dikasih pilihan yang nawarin surga gitu. nih samping gw da yg hampir depresi g di terima di stan. untung masih punya iman dia. nah kalian pada punya juga kan???? :)

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:12 PM

    egla said...
    menurut gw seh enkan ui kaleee....
    ui bisa masuk mane aje,,,,
    jd, jgn binun. pilih ui!!

    ReplyDelete
  9. Gw juga keterima banyak, ya UI, STAN, PolMan ITB, BPPT... tapi akhirnya gw masuk STAN... krn pertimbangannya yg utama: Biaya. Kalo kalian mampu, ya baiknya masuk UI. Dan jika yakin udah bisa hidup mandiri baik finansial dan mental.... bagus juga ke LN ikut BPPT.... jadi yg gampang2 aja deh... ortu gak mampu dan mental belon siap ke LN, ya STAN.

    Masalah nanti, ya nanti jangan berpikir terlalu jauh and panjang...

    Gw S2 nya di Akuntansi UI, sekarang lagi S3 juga di UI... jadi, urusan masa depan sih jgn terlalu diatur2.. ada yg ngatur sendiri... :--)

    ReplyDelete
  10. STAN itu sekolah setan; tempat mendidik birokrat-birokrat status quo sama kehancuran birokrasi. UI adalah research university: berkualitas pastinya.

    ReplyDelete
  11. Lihat saja pajak sama bea cukai, tidak pernah terbongkarkan korupsinya; disana alumni STAN semua yang kerja; alumni yang cuma mikir kepentingannya sendiri: kaya

    ReplyDelete
  12. Anonymous1:49 PM

    gw jg sm nasibny dgn adek lo..
    gw diterima d UI jrsn Ilmu Ekonomi melalui jalur PPKB (PMDK gt), gw jg lu2s d3 Perpajakn STAN, sbnrny gw g mw ambil STAN, amit2 de jd koruptor, gw jg da brjuang spy ortu gw ngizinin k UI aj tp mrka ttp g mw..
    malah gw da sempat 2 bulan lho d UI, mulai dr matrikulasi sampe kul..

    Y uda gw terima nasib aj, gw wjb milih STAN, lagian gw mikir nasihat dan doa ortu itu lebih pntg dr segalanya

    ReplyDelete
  13. Anonymous12:55 PM

    AsWrWb..STAN aja kali, di STAN itu kondisi dakwah kampusnya terjaga.. kalau yang korupsi itu adalah anak2 STAN yang biasanya dari bea cukai... coz beda kampus ma sepesialisasi yang lain... di STAN kita bisa ketemu teman dari Sabang-sampai Merauke.
    di Stan juga banyak kelebihannya, diantaranya : lulusan D3 STAN dihargai sama dengan lulusan S1 dari perguruan tinggi lain... trus Gaji pegawai departemen Keuangan juga baru di numerisasi, dan kenaikannya ga tanggung-tanggung sampai 300%... tp semua kembali kepada diri masing-masing... yng penting Bismillah... As Wr Wb

    ReplyDelete
  14. Anonymous11:07 AM

    wah hebat tuh.
    Emang pilihan yang sulit
    Menrt gw drpd susah tentuin aja ma koin.
    ntar yg mng tu yg diplh.
    GAmpg khan???

    ReplyDelete
  15. Anonymous6:32 AM

    Adek lo angkatan 2005??

    Gw baru aja lulus STAN... Seangkatan dunk... btw, adek lo jadi ngambil mana??

    ReplyDelete
  16. Anonymous2:29 PM

    teman2 yg liat komentar pasti mikir,,, banyak komentar yg jelek2in STAN (mungkin dia anak UI), tapi yang mahasiswa STAn nggak jelek2in UI, soal korupsi ternyata lebih banyak anak UI dan 60%-70% anggota kpk adalah alumni STAN ( dari pejabat kpk lupa namanya ), klo bilang STAN sarang koruptor berarti blom liat kampus STAN, lingkungannya lebih mirip pesantren alim2, soal alumni,,, banyak perusahaan asing yang merekrut anak STAN, klo ngomongin gaji yg bilang d3 sama s1 beda jauh emang bener tapi klo d3 STAN jauh di atas S1 UI, tanya sama alumni, soal pilihan ada di tangan individu dan itu merupakan kehendak Tuhan.

    ReplyDelete
  17. Anonymous11:01 AM

    sholat istikhoroh lah bleh... mantepnya dimana. klo UI, ya oke.. klo STAN, lanjoot ajah...

    semua punya plusminusnya.. tergantung disesuaiin sm kondisi..

    gw anak STAN, n gw berani sumpah anak STAN kebanyakan baek2, alim2... korup itu gara2 budaya kantor. tapi akhir2 ini budaya itu jg udah mulai terkikis. yg mulai ngekikis jg dr temen2 STAN...

    ui jg oke.

    yg penting itu pribadi diri sendirinya. mo struggle apa nggak...

    salam!!

    ReplyDelete
  18. Anonymous10:53 AM

    keknya postingan diatas banyak yg njelekin STAn yah...ga adil banget..ga fair..
    emangnya UI tuh lebih baik dari STAn yah....
    sorry bro....coz gw juga alumni STAN dan apa yg lo lo kira itu ga seperti yg sebenarnya...
    STAn is The best...

    ReplyDelete
  19. Anonymous10:42 AM

    Sekarang lebih baih menilik ke masalah karir dan kemampuan mengembangkan diri saja. Saya anak STAN, sebelumnya saya Di ITB. Saya terus terang juga agak kecewa dengan lingkungan STAN. Tapi saya tidak menyalahkan siapapun, semua kesalahan saya. Di stan pengembangan dirinya sangat terbatas. Teman-teman saya sedikit sekali yang pandangan tentang dunianya luas. Sya tidak bermaksud merendahkan. Tapi memang saya merasakan hal yang sangat berbeda dengan teman-teman saya di ITB. Di STAN untuk pengembangan diri sangat sulit.Di STAN itu masih d3. Kalau emang pinter mending UI aja. Sya yakin lebih hidup di sana. Semangat ya....

    ReplyDelete
  20. Anonymous8:55 PM

    kalau semua orang pintar dilarang untuk masuk STAN. nanti STAN isinya cuma orang-orang bodoh!! padahal mereka yang akan menjadi penjaga gerbang keuangan negara!!!! buktikan cinta lo pada indonesia!!!!

    ReplyDelete
  21. Anonymous12:26 PM

    adek gw jg lagi bingung banget coz keterima di ITB ma adm.pajak STAN,klo saran gw sie STAN coz prospek kerjanya bagus n bisa jadi jaminan seumur hidup...tapi banyak suara-suara juga yg nyaranin lanjutin ITB nya ajah...so sama bingungnya,takutnya ntar kalo salah pilih nyesel seumur hidup.

    ReplyDelete
  22. Bismillah

    kalau merasa mampu secara finansial dan otak, UI pilihan bagus
    tetapi kalau siap menderita dan berkorban jiwa raga demi negara, STAN tempatnya

    jangan terlalu memikirkan duniawi, bro.. insyaALLAH STAN tempat yang bagus untuk menempa iman (cz cewe nya dikit, he5x)

    ReplyDelete
  23. Anonymous2:30 PM

    STAN itu Sekolah Top Anti Nganggur

    ReplyDelete
  24. Anonymous4:08 PM

    Pilih UGM aja, uda murah byarnya, rankingnya juga diatas UI, UI mah g ada apa2 nya. Jauh terkenal UGM di luar sana.

    ReplyDelete
  25. Anonymous8:52 PM

    UI lah bro secara pemimpin2 orang2 stan tu kan UI?
    Pikir D3 tuh dipimpin ma anak S1 bukan anak D3 yang mimpin S1
    Lagian juga UI gitu klo emang dah pinter pasti diangkat kerja langsung
    Secara UI kan byk punya ikatan kerjasama ma perusahaan2 luar

    Klo kalian emang pingin jadi PNS seumur hidup dan kerjanya itu2 saja silakan pilih STAN
    But klo mau kerja lbh variasi (bisa swasta yg notabene gajinya gede atau pegawai negeri) pilih UI

    ReplyDelete
  26. Anonymous1:09 AM

    ga fair ya komennya, anak UI kok ngomongnya korupsi melulu. apa anak UI ga korupsi semua? korupsi udah budaya bung! jangan nyalahin satu pihak, sadar diri dulu yaaaaaaa

    ReplyDelete
  27. Hmm... baru liat lagi postingan ini.... STAN atau pun UI, sama saja. Yang penting, tunjukkin bahwa masing2 almamater bisa jujur dan ngasih sumbangsih buat negara....

    ReplyDelete
  28. Anonymous8:42 PM

    yang jadi maslah itu bukan almamaternya, tapi orangya yang gak mampu niat baik. STAN ataupun UI sama2 bagus,, trus jangan ajarkan orang2 hnya tentang materi atau uang, pengabdian yang paling penting

    ReplyDelete
  29. haloooo mau tanya dong kalo ppa akuntansi bca ad yang pernah keterima ga?

    ReplyDelete
  30. gw penasaran nih, secara bobot materi pelajaran, yang lebih berat a.k.a lebih berbobot tuh akuntansi stan apa ui yah??? ada yang bilang yang lebih berbobot tuh akuntansi stan, secara ada sistem do nya lagi. monggo dijawab.....

    ReplyDelete
  31. Terus, hubungannya materi berat dengan kualitas apa? Jepang kurikulumnya jauh lebih ringan dibandingkan Indonesia.

    ReplyDelete
  32. Anonymous9:05 PM

    Mending ui lah .
    Bergengsi , dan org terpilih smua .
    Gw jg ini lg daftar akuntansi ui . Mudah=an masuk doain yee .

    ReplyDelete
  33. Anonymous8:51 PM

    Sayang, dia gak masuk ITB, the best university in the nation :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... rasanya itu terlalu berlebihan. Dalam bidang apa ITB terbaik di negeri ini? Mungkin beberapa bidang.

      Delete
  34. Anonymous12:00 PM

    kalo dari segi kualitas akademik, STAN lebih unggul..dari beberapa perlombaan/olimpiade skuntansi/pajak tingkat NASIONAL...STAN lebih unggul..jadi bisa simpulkan sendiri ya..toh kalo lulus dari STAN bisa keluar dan kerja dimana aja, lebih dihargai lulusannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah lulusan STAN membetulkan negeri ini? Ataukah mengikuti skema asing dengan turut menggerogoti negeri ini? Anda lulusan STAN atau masih kuliah? Kalau Anda sudah lulus, tunjukkan kepada saya lulusan STAN yang mau hidup dari gaji PNS dan gak maen belakang.

      Sama seperti STAN, semua termasuk UI pun harus sama menunjukkan hal tersebut. Semua sama bobroknya kalau Indonesia masih saja dijajah oleh Kapitalisme. Bisa diterima di mana saja bukan segalanya, nilai tidak berarti apa pun. Anda mampu menciptakan lapangan pekerjaan, Anda mampu mengubah bangsa, atau setidaknya Anda mampu mengajak banyak orang ke jalan yang benar itu baru benar!

      Delete
  35. Anonymous9:50 PM

    Gw juga di terima di UI (Akuntansi), di STAN juga gw masuk.
    Gw Angkatan 2014/2015.

    Tapi Gw ambil UI, STAN gw lepas. Saran dari guru SMA gw, Ortu, Om dan Tante. Temen2 mah gw cuekin aja....soalnya kasian , gak diterima di mana2. gw kan jadi gak enak. Ntar di kira sombong lagi. Rakus dsbnya..... hiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang di UI! Ini artikel lama tapi dari tahun ke tahun selalu ada yang komentar, yak. Hahaha....

      Masuk mana saja tergantung orangnya. Tapi, kalo Anon bisa masuk dua-duanya, kemungkinan sukses lebih gede kayak adek gw.

      Delete
  36. Anonymous1:38 AM

    mau ikutan comment aah
    abis sercing2 di gugel tentang ui apa stan, eh ketemu postingan gini. bener bener same case banget...

    ReplyDelete
  37. Anonymous11:04 PM

    jadi adeknya masuk ui atau STAN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. UI, Mas. Tapi kalau mau masuk mana aja sama aja. Yang penting orangnya tahu apa yang hendak dilakukan sama hidupnya.

      Delete
  38. Gue juga bingung. haha...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts