STAN vs. UI

Ugh, kasihan banget adek gue. Saking kepinteran dia jadi dapet Akuntansi UI dan STAN. Jadi bingung mau masuk yang mana.

Beberapa orang (termasuk orang tua gue), menyarankan masuk STAN. Gue malah memperburuk suasana dengan membela memasuki Akuntansi UI, maklum bela almamater. Duh, gue jadi merasa bersalah bikin dia ragu-ragu.

Kira-kira enakan masuk mana, yah? Gue juga gak tahu keuntungan masing-masing.

Hasil debat sementara:
~ Untuk jangka panjang masuk UI, untuk jangka pendek STAN.
~~Tapi, dia itu kan cewek, ntar pas menikah kemungkinan besar karir terhambat. Eits, ntar, dulu, sekarang kan jamannya emansipasi, bisa aja cowoknya yang jadi BRT.
~ STAN sarang korupsi, kalo masuk STAN jadi pegawai negeri. Kalo mau kaya harus korupsi. Tapi kalo masuk UI, lulus masuk jadi akuntan publik. Sekarang ini, orang membayar akuntan publik untuk memanipulasi nilai pajak dan aset. *SIGH*. Jadi gak ada yang beres
~ dll.

Yah, udah gue jadi bingung, apa lagi dia nanya saran gue. Buah, gue gak pengalaman buat gini-ginian. Selama ini hidup gue udah terencana dan terarah. Gue udah dari sejak smp pengen masuk Fasilkom. Gue udah dari kecil suka komputer, so gue gak tahu lagi ladang pekerjaan laen.

Doh, pusing.. pusing.. pusing...

Comments

  1. gue dulu juga masuk STAN koq, Jep...dan akhirnya gue milih UI berhubung prestisenya lebih kerenan aja...hehehe...biar bisa ketemu elo...

    jieh, uhuy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous3:22 PM

      Kak saya skrg ngalamin hal yg sama, sekarang gimana? Ada rasa nyesel ga milih ui ketimbang stan?

      Delete
  2. Anonymous2:26 PM

    UI lah

    temen gw masuk SeTAN ngomongnya jadi bahasa daerah -_-

    ReplyDelete
  3. Anonymous12:55 AM

    UI lah jep..
    gw jg dulu lulus stan, n akhirnya setelah berbagai penyelidikan tentang keduanya oleh om (tulang) gw, ya gw disaranin masuk UI aj. Lagian rentang gaji D3 ama S1 itu masih terlalu jauh.

    ReplyDelete
  4. Anonymous8:19 AM

    lulusan D3 STAN bisa masuk S1 UI tapi kl S1 UI ga bisa masuk STAN, malah bisa biayain sendiri lagi klo udah lulus STAN kul di UI.

    Korupsi mah tergantung orangna...
    emang banyakan mana orang yang korupsi dari alumni UI apa STAN ?

    sebutin orangna !

    UI - Mulyana (KPU, Nazarudin Syamsudin (Ketua KPU/ Guru besar UI),etc.....
    yang nangkepna orang BPK - Khairiansyah alumni STAN...etc....

    kalo emang mental korupsi bukan cuma di pegawai negeri aja.. banyak juga laenna contohna akuntan publik yang tidak berkompeten sehingga merugikan negara dengan memanipulasi laporan keuangan, akibatnya tahun 97 resesi ekonomi yang berkepanjangan karena semua laporan keuangan yang trlihat indah itu PALSU !!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  5. Anonymous2:34 PM

    gw taun lalu jg ketrima di Akun UI n STAN. ortu si nyuruh STAn, trus om tante UI. gw cm ngasi syarat ke ortu gw, gw bakal ninggalin Akun UI asalkan yg ditrima di STAN tu adm. perpajakan..

    berhubung gw tnyt ketrima di pajak STAN, jadilah UInya ditinggal aja, tp krna masi cintanya gw ma UI gw ikut kuliah UI slama seminggu n nunggu pembagian jas almamater, setelah tu.. nasib gw berlanjut di STAN..

    hm.. gw si dah pnya planing lanjut S1 di UI juga sbelum cabut ke london economic school bwt ngambil S2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Anonymous7:59 PM

      btw tahun kemarin gue juga gitu. dapet UI tapi gua malah ambil d1 pajak. dan gua sama sekali gak nyesel, malah gue pikir gue bakal nyesel kalo ambil ui. bcs kakak gua lulusan UI masih ribet cari kerja haha

      Delete
    3. Anonymous3:24 PM

      Kak tahun ini gue keterima di ilmu ekonomi ui sama stan, prefer yg mana ya?

      Delete
  6. Anonymous1:00 PM

    yah..buat lo lo pada nih ya, yang pada punya nasib duniawi yang baek. slamat aja deh. g smuaorang seberuntung kalian. dikasih pilihan yang nawarin surga gitu. nih samping gw da yg hampir depresi g di terima di stan. untung masih punya iman dia. nah kalian pada punya juga kan???? :)

    ReplyDelete
  7. Anonymous1:01 PM

    yah..buat lo lo pada nih ya, yang pada punya nasib duniawi yang baek. slamat aja deh. g smuaorang seberuntung kalian. dikasih pilihan yang nawarin surga gitu. nih samping gw da yg hampir depresi g di terima di stan. untung masih punya iman dia. nah kalian pada punya juga kan???? :)

    ReplyDelete
  8. Anonymous9:12 PM

    egla said...
    menurut gw seh enkan ui kaleee....
    ui bisa masuk mane aje,,,,
    jd, jgn binun. pilih ui!!

    ReplyDelete
  9. Gw juga keterima banyak, ya UI, STAN, PolMan ITB, BPPT... tapi akhirnya gw masuk STAN... krn pertimbangannya yg utama: Biaya. Kalo kalian mampu, ya baiknya masuk UI. Dan jika yakin udah bisa hidup mandiri baik finansial dan mental.... bagus juga ke LN ikut BPPT.... jadi yg gampang2 aja deh... ortu gak mampu dan mental belon siap ke LN, ya STAN.

    Masalah nanti, ya nanti jangan berpikir terlalu jauh and panjang...

    Gw S2 nya di Akuntansi UI, sekarang lagi S3 juga di UI... jadi, urusan masa depan sih jgn terlalu diatur2.. ada yg ngatur sendiri... :--)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lulusan d3 stan bisa lanjut kuliah s1 ui itu pake umur minimal gak?

      Delete
  10. STAN itu sekolah setan; tempat mendidik birokrat-birokrat status quo sama kehancuran birokrasi. UI adalah research university: berkualitas pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous8:01 PM

      semuanya ternyata tergantung pribadi msg2. kalo pikirannya sempit mah masuk mana aja ga cocok

      Delete
  11. Lihat saja pajak sama bea cukai, tidak pernah terbongkarkan korupsinya; disana alumni STAN semua yang kerja; alumni yang cuma mikir kepentingannya sendiri: kaya

    ReplyDelete
  12. Anonymous1:49 PM

    gw jg sm nasibny dgn adek lo..
    gw diterima d UI jrsn Ilmu Ekonomi melalui jalur PPKB (PMDK gt), gw jg lu2s d3 Perpajakn STAN, sbnrny gw g mw ambil STAN, amit2 de jd koruptor, gw jg da brjuang spy ortu gw ngizinin k UI aj tp mrka ttp g mw..
    malah gw da sempat 2 bulan lho d UI, mulai dr matrikulasi sampe kul..

    Y uda gw terima nasib aj, gw wjb milih STAN, lagian gw mikir nasihat dan doa ortu itu lebih pntg dr segalanya

    ReplyDelete
  13. Anonymous12:55 PM

    AsWrWb..STAN aja kali, di STAN itu kondisi dakwah kampusnya terjaga.. kalau yang korupsi itu adalah anak2 STAN yang biasanya dari bea cukai... coz beda kampus ma sepesialisasi yang lain... di STAN kita bisa ketemu teman dari Sabang-sampai Merauke.
    di Stan juga banyak kelebihannya, diantaranya : lulusan D3 STAN dihargai sama dengan lulusan S1 dari perguruan tinggi lain... trus Gaji pegawai departemen Keuangan juga baru di numerisasi, dan kenaikannya ga tanggung-tanggung sampai 300%... tp semua kembali kepada diri masing-masing... yng penting Bismillah... As Wr Wb

    ReplyDelete
  14. Anonymous11:07 AM

    wah hebat tuh.
    Emang pilihan yang sulit
    Menrt gw drpd susah tentuin aja ma koin.
    ntar yg mng tu yg diplh.
    GAmpg khan???

    ReplyDelete
  15. Anonymous6:32 AM

    Adek lo angkatan 2005??

    Gw baru aja lulus STAN... Seangkatan dunk... btw, adek lo jadi ngambil mana??

    ReplyDelete
  16. Anonymous2:29 PM

    teman2 yg liat komentar pasti mikir,,, banyak komentar yg jelek2in STAN (mungkin dia anak UI), tapi yang mahasiswa STAn nggak jelek2in UI, soal korupsi ternyata lebih banyak anak UI dan 60%-70% anggota kpk adalah alumni STAN ( dari pejabat kpk lupa namanya ), klo bilang STAN sarang koruptor berarti blom liat kampus STAN, lingkungannya lebih mirip pesantren alim2, soal alumni,,, banyak perusahaan asing yang merekrut anak STAN, klo ngomongin gaji yg bilang d3 sama s1 beda jauh emang bener tapi klo d3 STAN jauh di atas S1 UI, tanya sama alumni, soal pilihan ada di tangan individu dan itu merupakan kehendak Tuhan.

    ReplyDelete
  17. Anonymous11:01 AM

    sholat istikhoroh lah bleh... mantepnya dimana. klo UI, ya oke.. klo STAN, lanjoot ajah...

    semua punya plusminusnya.. tergantung disesuaiin sm kondisi..

    gw anak STAN, n gw berani sumpah anak STAN kebanyakan baek2, alim2... korup itu gara2 budaya kantor. tapi akhir2 ini budaya itu jg udah mulai terkikis. yg mulai ngekikis jg dr temen2 STAN...

    ui jg oke.

    yg penting itu pribadi diri sendirinya. mo struggle apa nggak...

    salam!!

    ReplyDelete
  18. Anonymous10:53 AM

    keknya postingan diatas banyak yg njelekin STAn yah...ga adil banget..ga fair..
    emangnya UI tuh lebih baik dari STAn yah....
    sorry bro....coz gw juga alumni STAN dan apa yg lo lo kira itu ga seperti yg sebenarnya...
    STAn is The best...

    ReplyDelete
  19. Anonymous10:42 AM

    Sekarang lebih baih menilik ke masalah karir dan kemampuan mengembangkan diri saja. Saya anak STAN, sebelumnya saya Di ITB. Saya terus terang juga agak kecewa dengan lingkungan STAN. Tapi saya tidak menyalahkan siapapun, semua kesalahan saya. Di stan pengembangan dirinya sangat terbatas. Teman-teman saya sedikit sekali yang pandangan tentang dunianya luas. Sya tidak bermaksud merendahkan. Tapi memang saya merasakan hal yang sangat berbeda dengan teman-teman saya di ITB. Di STAN untuk pengembangan diri sangat sulit.Di STAN itu masih d3. Kalau emang pinter mending UI aja. Sya yakin lebih hidup di sana. Semangat ya....

    ReplyDelete
  20. Anonymous8:55 PM

    kalau semua orang pintar dilarang untuk masuk STAN. nanti STAN isinya cuma orang-orang bodoh!! padahal mereka yang akan menjadi penjaga gerbang keuangan negara!!!! buktikan cinta lo pada indonesia!!!!

    ReplyDelete
  21. Anonymous12:26 PM

    adek gw jg lagi bingung banget coz keterima di ITB ma adm.pajak STAN,klo saran gw sie STAN coz prospek kerjanya bagus n bisa jadi jaminan seumur hidup...tapi banyak suara-suara juga yg nyaranin lanjutin ITB nya ajah...so sama bingungnya,takutnya ntar kalo salah pilih nyesel seumur hidup.

    ReplyDelete
  22. Bismillah

    kalau merasa mampu secara finansial dan otak, UI pilihan bagus
    tetapi kalau siap menderita dan berkorban jiwa raga demi negara, STAN tempatnya

    jangan terlalu memikirkan duniawi, bro.. insyaALLAH STAN tempat yang bagus untuk menempa iman (cz cewe nya dikit, he5x)

    ReplyDelete
  23. Anonymous2:30 PM

    STAN itu Sekolah Top Anti Nganggur

    ReplyDelete
  24. Anonymous4:08 PM

    Pilih UGM aja, uda murah byarnya, rankingnya juga diatas UI, UI mah g ada apa2 nya. Jauh terkenal UGM di luar sana.

    ReplyDelete
  25. Anonymous8:52 PM

    UI lah bro secara pemimpin2 orang2 stan tu kan UI?
    Pikir D3 tuh dipimpin ma anak S1 bukan anak D3 yang mimpin S1
    Lagian juga UI gitu klo emang dah pinter pasti diangkat kerja langsung
    Secara UI kan byk punya ikatan kerjasama ma perusahaan2 luar

    Klo kalian emang pingin jadi PNS seumur hidup dan kerjanya itu2 saja silakan pilih STAN
    But klo mau kerja lbh variasi (bisa swasta yg notabene gajinya gede atau pegawai negeri) pilih UI

    ReplyDelete
  26. Anonymous1:09 AM

    ga fair ya komennya, anak UI kok ngomongnya korupsi melulu. apa anak UI ga korupsi semua? korupsi udah budaya bung! jangan nyalahin satu pihak, sadar diri dulu yaaaaaaa

    ReplyDelete
  27. Hmm... baru liat lagi postingan ini.... STAN atau pun UI, sama saja. Yang penting, tunjukkin bahwa masing2 almamater bisa jujur dan ngasih sumbangsih buat negara....

    ReplyDelete
  28. Anonymous8:42 PM

    yang jadi maslah itu bukan almamaternya, tapi orangya yang gak mampu niat baik. STAN ataupun UI sama2 bagus,, trus jangan ajarkan orang2 hnya tentang materi atau uang, pengabdian yang paling penting

    ReplyDelete
  29. Anonymous9:11 PM

    haloooo mau tanya dong kalo ppa akuntansi bca ad yang pernah keterima ga?

    ReplyDelete
  30. gw penasaran nih, secara bobot materi pelajaran, yang lebih berat a.k.a lebih berbobot tuh akuntansi stan apa ui yah??? ada yang bilang yang lebih berbobot tuh akuntansi stan, secara ada sistem do nya lagi. monggo dijawab.....

    ReplyDelete
  31. Terus, hubungannya materi berat dengan kualitas apa? Jepang kurikulumnya jauh lebih ringan dibandingkan Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anonymous6:53 AM

      Sumbernya apa ?

      Delete
  32. Anonymous9:05 PM

    Mending ui lah .
    Bergengsi , dan org terpilih smua .
    Gw jg ini lg daftar akuntansi ui . Mudah=an masuk doain yee .

    ReplyDelete
  33. Anonymous8:51 PM

    Sayang, dia gak masuk ITB, the best university in the nation :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm... rasanya itu terlalu berlebihan. Dalam bidang apa ITB terbaik di negeri ini? Mungkin beberapa bidang.

      Delete
  34. Anonymous12:00 PM

    kalo dari segi kualitas akademik, STAN lebih unggul..dari beberapa perlombaan/olimpiade skuntansi/pajak tingkat NASIONAL...STAN lebih unggul..jadi bisa simpulkan sendiri ya..toh kalo lulus dari STAN bisa keluar dan kerja dimana aja, lebih dihargai lulusannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah lulusan STAN membetulkan negeri ini? Ataukah mengikuti skema asing dengan turut menggerogoti negeri ini? Anda lulusan STAN atau masih kuliah? Kalau Anda sudah lulus, tunjukkan kepada saya lulusan STAN yang mau hidup dari gaji PNS dan gak maen belakang.

      Sama seperti STAN, semua termasuk UI pun harus sama menunjukkan hal tersebut. Semua sama bobroknya kalau Indonesia masih saja dijajah oleh Kapitalisme. Bisa diterima di mana saja bukan segalanya, nilai tidak berarti apa pun. Anda mampu menciptakan lapangan pekerjaan, Anda mampu mengubah bangsa, atau setidaknya Anda mampu mengajak banyak orang ke jalan yang benar itu baru benar!

      Delete
  35. Anonymous9:50 PM

    Gw juga di terima di UI (Akuntansi), di STAN juga gw masuk.
    Gw Angkatan 2014/2015.

    Tapi Gw ambil UI, STAN gw lepas. Saran dari guru SMA gw, Ortu, Om dan Tante. Temen2 mah gw cuekin aja....soalnya kasian , gak diterima di mana2. gw kan jadi gak enak. Ntar di kira sombong lagi. Rakus dsbnya..... hiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat datang di UI! Ini artikel lama tapi dari tahun ke tahun selalu ada yang komentar, yak. Hahaha....

      Masuk mana saja tergantung orangnya. Tapi, kalo Anon bisa masuk dua-duanya, kemungkinan sukses lebih gede kayak adek gw.

      Delete
  36. Anonymous1:38 AM

    mau ikutan comment aah
    abis sercing2 di gugel tentang ui apa stan, eh ketemu postingan gini. bener bener same case banget...

    ReplyDelete
  37. Anonymous11:04 PM

    jadi adeknya masuk ui atau STAN?

    ReplyDelete
    Replies
    1. UI, Mas. Tapi kalau mau masuk mana aja sama aja. Yang penting orangnya tahu apa yang hendak dilakukan sama hidupnya.

      Delete
  38. Gue juga bingung. haha...

    ReplyDelete
  39. Selamat ya peter buat adeknya

    ReplyDelete
  40. Anonymous2:35 PM

    Kalo STAN bayar, gua ambil STANnya ;)

    ReplyDelete
  41. Jadi tmbh bingung stan apa
    ui

    ReplyDelete
  42. Anonymous9:06 AM

    Curut juga tahu bagusan Akuntansi UI. Saringannya itu kudu ngalahin anak2 cerdas dari SMA-SMA cerdas & terbaik se Jakarta & Indonesia

    ReplyDelete
  43. Anonymous10:26 PM

    gw jebol di feui dan stan, tp gw ttp pilih UI krn dapetnya D1 BC

    ReplyDelete
  44. Anonymous8:56 AM

    ya bagus S1 UI lah, STAN itu D3, gengsinya jauh, lagian mindsetnya anak2 STAN itu masih sempit dan tidak seluas anak2 S1 yang notabene punya karakter handal sebagai leader, kalo STAN itu ibarat robot kaku tinggal ngikut perintah remote.

    ReplyDelete
  45. Anonymous9:10 PM

    Hahah ini postingan lama, akhirnya adeknya pilih apa? ah orangnya udah lulus bahkan skrg mah ya atau udah kerja udah bapak bapak atau ibu ibu mungkin wkwk.
    Tapi kalau ada adek2 galau yg masih baca postingan ini di 2019, imho, UI aja wkakakak.
    Untuk masalah akademiknya gue rasa dua duanya sama-sama oke.
    Jadi kalau dari segi akademik, mau UI atau STAN mau pilih yang mana aja sama-sama berkualitas.
    Jadi, gue lebih menyoroti dari segi non akademiknya aja.
    Gue alumni UI yang kerja di sektor pemerintah di mana sebagian besar pegawaianya alumni STAN, but even become a minority here, alhamdulillah setidaknya sampai saat ini, I can survive well here. Terlepas dari kualitas akademiknya, ada hal yang sangat gue syukuri karena pernah memilih UI sebagai tempat kuliah gue: lingkungan yang sangat kondusif bagi orang-orang yang ingin berkembang. Di UI, sejak ospek, bahkan ketika perkuliahan belum dimulai, gue dan para peserta ospek lainnya udah diajarin sama para senior panitia ospek tentang assertiveness. Asertif itu simpelnya nggak iya iya aja, kalau suka ya iyain, kalau nggak suka ya jangan iyain. kalau setuju ya iyain, kalau nggak setuju ya jangan iyain, its okay debat aja, kalau sependapat ya bilang sependapat, kalau nggak sependapat ya feel free jelasin aja pandangan kita kayak apa. Jadi nggak boleh jadi submisif (iya iya aja) ataupun sebaliknya agresif (maksain kehendak). Sejak ospek juga udah diajari untuk punya karakter kritis. Di kelas, kami diencourage untuk aktif. Mengangkat tangan dan meberani menyampaikan pendapat menjadi sebuah hal yang sangat dihargai dan diterimakasihi, bahkan jika pendapatnya berbeda dengan dosennya sekalipun. Diskusi akan sebuah topik dari banyak kepala dengan berbagai pandangan dan argumen menjadi sesuatu hal berharga. Orang-orang yang mempunyai otoritas lebih tinggi (misal dosen) cukup open minded untuk mendengarkan pandangan yang berbeda dari mahasiswa. Seinget gue, di kelas-kelas yang pernah gue ikuti, belum pernah nemu mahasiswa yang "ditandai" dosen karena mengutarakan pandangan/argumen yang berbeda dengan dosen ataupun menyampaikan kritik saram kepada dosen di kelas. Asertif, kritis, aktif, berani menyampaikan pendapat, dan juga sebaliknya, siap menerima kritik dan saran dari orang lain, adalah hal-hal yang sangat dihargai (setidaknya di fakultasku sih). Berapapun IPK-nya, alumni UI sedikit banyak setidaknya akan punya bekal menjadi pribadi yang memiliki karakter-karakter yang gue rasa berbanding lurus dengan munculnya ide-ide baru, inovasi, self-improvement, dan berbagai hal positif lainnya tersebut.

    Sebagai seorang mahasiswa UI dulu, jadi PNS sama sekali nggak masuk daftar cita-cita gue dulu. Ogah ah, pinginnya kan apply di perusahaan multinasional bonafide gitu yak. Tapi pas gue kerja di swasta tempat gue kerja sebelumnya dulu, ortu gue nanyain muluuu apa gue gamau pindah kerjaan. Dan jauh di lubuk hati mereka, gue tau mereka berharap gue jadi PNS. Singkat cerita, akhirnya gue apply CPNS dan alhamdulillaah keterima. So, yeah, walaupun jadi alumni STAN nggak perlu repot-repot daftar segala buat kerja di sektor pemerintah, pun lulusan UI, kalaupun tiba-tiba berubah pikiran mau join di sektor pemerintah, walaupun emang jadinya harus repot-repot daftar dan mengikuti berbagai rangkaian tes dengan saingan se-Indonesia Raya, alumni UI masih mampu bersaing dengan cukup baik kok di persaingan seleksi akbar CPNS itu. Di kelas diklat gue, dari 30 orang non STAN dari berbagai universitas yg lulus seleksi dan sekelas sama gue, 9 di antaranya orang adalah anak UI. Jadi walaupun harus repot-repot apply apply kerjaan, gue rasa alumni UI nggak perlu setakut itu dalam bersaing dalam dunia per-jobseeker-an. Bahkan untuk gue yang pendiam dan introvert ini pun, tahap wawancara ataupun FGD/LGD yang harus dilalui dalam berbagai seleksi kerja nggak pernah jadi sebuah momok yang menakutkan, dari universitas manapun saingannya. Pas kuliah, udah sering dilakukan kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dia di UI, sekarang di OJK. Hahaha... Deket2 juga

      Delete
  46. Anonymous10:59 AM

    Walah sama TS nya sm gua, gua juga anak fasilkom nih , tapi niatnya gua sih mau ikut tes USM STAN lagi nih, ada ga ya yang bisa head to head in fasilkom sm stan pajak , gua tau ini absurd tapi tolong dijawab jika berkenan. Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya gak bisa head-to-head. Kalo STAN, Lo bisa kemungkinan besar masuk ASN perpajakan. Tapi, gelar masih diploma. Kalau Akuntansi UI, gelar S1, tapi mesti bersaing ikutan CPNS buat jadi ASN. Positifnya, Lo punya head start S1, jadi golongan 3A dan jabatan bisa lebih tinggi.

      Di ASN, tingkat atas itu butuh gelar Sarjana semakin tinggi. Terus, kalo masuk Eselon, harus ikut lagi Lemhanas.

      Tapi, ya, kalo udah S1 Akuntansi UI, banyak masuk swasta. Minimal, kalo melamar akuntan publik big four pasti dapetlah.

      Sama tetapi berbeda. Tinggal pilih jalan hidup. Yang penting gak males2an mah pasti sukses.

      Delete
    2. Lebih baik stanlah gk ngebanin orang tua, terus jadi menantu idan

      Delete
  47. Anonymous1:51 PM

    12 tahun yang lalu saya galau banget milih antara UI atau STAN (setelah keterima di keduanya). Kemudian saya coba cari informasi, sholat istikharah, dan akhirnya nemu postingan ini ��. Singkat cerita, akhirnya saya meninggalkan UI (udah kuliah sebulan di sana) dan hijrah ke STAN.

    Fast forward ke tahun 2016, saya udah 5 tahun kerja di institusi yang kala itu dipimpim Ibu Sri Mulyani. Saat itu saya mulai siap2 lanjut sekolah. Setelah banyak pertimbangan, akhirnya saya pilih lanjut ke S1 Ekstensi di UI untuk mengejar cita2 kuliah di sana yg belum kesampean haha. Alhamdulillah setelah mengikuti masa ekstensi 3 tahun, saya lulus tepat waktu dengan predikat memuaskan��

    Lulusan STAN banyak orang hebat. LulusanUI juga demikian. Fokus saja sama tujuan akhir. Kalo ingin kontribusi di pemerintahan, silakan belajar yang giat di UI dan siap2 ikut seleksi CPNS setelah lulus. Kalo masuk STAN, jangan banyak mengeluh karena perjalanan pasti lebih panjang. Kalo punya tujuan selain yang saya sebutkan, fokus saja kuliah di UI ��

    NB:Lulus dari STAN saya juga sempat kerja di OJK (dulu masih Bapepam) sama seperti adeknya penulis hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts