My Internet Journey

Ketika zaman gw masih SMP, gw ama temen gw getol banget ke warnet. Motivasi temen gw ada banyak.

Ada yang suka download mp3 (dulu altavista.com mencari mp3 sampe ke ftp server bahkan ke private, trus diajarin sama dia cara masuk pake anonymous user). Zaman itu, kita bisa masuk ke direktori internet mana aja sebebas jidat, dulu bot-bot gila yang dinamakan webcrawler itu belum distandarisasi. Walhasil, lagu gratis!

Terus, ada juga yang nyari web eksotis GILA!!! Contohnya, dulu ada yang namanya marijuana.com (sempet temen gw bikin emailnya di sana). Web ini menyediakan tata cara menyelundupkan marijuana lewat bandara. Keren gila, khan? Ada juga warez.com dimana setiap hari XXX baru diluncurkan dan diupdate (gratis gak kayak sekarang).

Zaman itu juga kayaknya era kebebasan untuk menjadi hacker (hacker!=cracker although apprentice hacker -> cracker). Gw ingat, ada banyak situs underground yang ngajarin hal tersebut. Gw juga ingat di Indonesia ada komunitas kecoak busuk yang jadi tempat mangkal para hacker(masih ada gak, yah, komunitas itu).

Pada waktu itu, gw ingat banget ada satu hacker yang jadi idola (OK, gw lupa namanya, maklumlah... ^_^') meninggal dunia. Dari profil dia, gw tertarik untuk jadi hacker. Gw juga sempat melihat peraturan sebagai hacker:

"Loe boleh ngetes server orang, tapi, kalo loe berhasil, loe tinggalin pesan ke adminnya tentang kelemahan sistemnya dan saran perbaikan tanpa merubah atau mengambil data apapun."

Itu makanya hacker sejati adalah admin best friend. Gw sempat belajar beberapa teori dan sebelum gw sempat mempraktekkannya, web gw di geocities di-deface. Waktu itu lagi heboh-hebohnya Geocities bisa dibobol. Dari situ gw sadar, gimana gak enaknya jadi orang yang dibobol. Yah, akhirnya gw gak jadi praktek.

Gw juga sempat berteman dengan teman yang punya teman seorang carder. Wuih, ternyata di Indonesia itu carder keren, oi. Dulu itu keamanan belum secanggih sekarang. Banyak cara untuk mendapatkan identitas kartu. Bahkan, dulu sempat ada website ato program underground yang bisa men-generate id kartu kredit. Trus, banyak orang bego yang gak ngerti pentingnya jaga id card. Tenang, gw punya harga diri, gw gak ikut-ikutan, lho, cuma pengamat doang.

Trus, dulu juga zamannya bokep masih gratis. Wuih, dulu sempat ada foto-foto bugil dari artis ternama. Sayangnya, boongnya ketahuan. Foto itu hasil join dari foto biasa disatuin dengan foto bokep yang bertebaran di internet. Kalo di zoom keliatan kalo ada bekas latar belakangnya. Ato, bahkan keliatan beda antara kepala dan badan, lebih parah lagi ada foto yang badan dan kepalanya gak proporsional.

Itu makanya, gw, sampe masuk Fasilkom, gak pernah taruh foto ke Internet. Makanya, gw bingung sama orang-orang, kok, mau-maunya naruh foto ke friendster. Bisa aja kalo ada yang iseng:
tinggal crop-crop sedikit-> trus taruh wajah ke layer foto bokep-> trus fotonya dinaturalisasi dengan meratakan pake Fourier Transform + resize + blur di ujung -> trus image digabungin -> jadi, deh foto bugil salah seorang di Friendster. Posting ke email berantai! BANZAI!!!

Aduh, tenang, gw gak serendah itu! Gw jadi takut sendiri sama kemampuan gw. Hiii...

Btw, dulu sebelum ada spam 'n worm, para hacker 'n cracker biasa pake linux buat login ke isp trus .... No system is safe. Dulu, tuh, enak ngeliat DDOS 'n cari internet hole: snort.. snort.. snipping all the way... he.. he.. he..

Aduh, tenang, gw gak pernah ikutan yang kayak gitu, gw cuma jadi pengamat.

Duh, udah ah, masih banyak sisi gelap internet lainnya yang gw udah lupa/lupa-lupain, termasuk cara meng-crack provider gsm biar bisa nelpon gratis. Tapi, moral of the story:

Jangan pernah 100% percaya kepada teknologi, teknologi is a tool not a lifestyle and please don't be. Gw emang rada paranoid, tapi gw tahu kalo teknologi yang semakin terpersonalisasi semakin memiliki data pribadi kita -> memiliki identitas kita.

If it becomes a lifestyle and u suffer alot if lacking of it, just a matter of time u just become a slave of technology.

Even worse, someone could steal ur data and use ur identity to do bad thing. U'll just know one day from debt letters and police asking for your name because someone using ur id to mug other people.

Ha..ha.. ha.. kayaknya gw terlalu paranoid, gara2 gw tahu semua sisi gelap teknologi, gw jadi males menggunakan teknologi, gw cuma bisa bilang: Gw tahu cara buatnya, tapi gw gak tahu cara makenya.

Comments

  1. Lha khan udah gw bilang, sebelum gw masuk Fasilkom, gw gak pernah posting foto gw. Gw posting foto pertama kali di csui02.net, itu pun cuma di sana. Baru akhir-akhir ini gw mulai pasang foto. Tolong dibaca seksama kalimatnya.

    ReplyDelete
  2. Anonymous9:12 AM

    sekarang justru gag usah ngedit, poto di internet udah banyak yg bugil :D

    ReplyDelete
  3. Jepe...mantab...mendingan dengerin history of internet dari elo daripada di kelas Komas =D

    ReplyDelete
  4. JRAN! Modem pertama kita samaaah!! xD Gila jaman dulu USR itu legendaris banget dah :p Tapi mahal naujubilah xD, dulu gw pake IBM 386 wakaka ISP CBN, WinSOCKS, Eudora, ck ck ck... jadi terkenang *apasih*, jepe, loe dulu gak maen MUD/MUSH/MOO dan sejenisnya? :p

    ReplyDelete
  5. # tino:
    Jadul justru web bokep banyak yg gratisan, gak perlu bayar 'n gak pernah dibawa-bawa ke link aneh2 kayak 4 thn belakangan. Cuman, dulu pas internet booming, dapet foto bugil artis tertentu itu adl kebanggaan tersendiri.

    # zaq:
    Gw gak sejadul itu, gw ngenet make Netscape Comm 'n IE. Tapi yang menarik adl pas jaman DHTML. Buat 1 aksi ada 3 standar: IE4 vs NS4 vs W3C (walo akhirnya cuma bikin ver IE4 vs NS4. Notepad is webmaster best friend.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts