Complicated Life: Words are Meaningful

Ketika gue berbincang-bincang berbicara mengenai harga-harga dengan seorang teman, gue menemukan fakta yang menarik.

Ketika membahas hardisk 80 Gb, gue menyebutkan kata 'cuma'.
Gue bilang: harga hd 80 Gb, sih, sekarang cuma 500 ribuan.
Trus, ada waktu perenungan sebentar.

kata 'cuma' kalo disebutin secara ilmiah adalah masuk akal. Hal ini mengingat ketika gue membeli Hd itu harganya nyaris 1 juta saat baru pertama kali keluar dan kini harganya adalah 500 ribuan. Jika ditilik dari nilai suatu mata uang, maka nilai 1 juta waktu itu lebih berharga dari pada nilai 1 juta sekarang, karena termakan inflasi.

Maka, harga 500 ribu sekarang lebih murah dibandingkan harga 500 ribu waktu itu. Jadi, harga 500 ribu sekarang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga 1 juta.

Tetapi, setelah gue renungkan, secara etika gue menyebutkan istilah yang salah!

500 ribu adalah jumlah uang yang tidak mudah untuk didapatkan. Bahkan, ada orang-orang yang digaji sebanyak itu dalam sebulan. Maka, jika menyebutkan kata 'cuma', itu berarti merendahkan nilai nominal itu. Artinya, orang yang mengucapkannya entah sombong atau menganggap rendah apa yang orang lain susah payah dapatkan.

Pantes aja TV Media mengganti kata 'hanya' dengan kata-kata 'cukup dengan'.

Hmm, lain kali gue akan mencoba berhati-hati untuk mengeluarkan kata-kata. Gue juga gak nyangka kalo istilah kata 'cuma' itu cukup membuat pendengarnya menjadi memiliki pikiran yang tidak-tidak mengenai pembicara.

Doh! Susah banget, sih, bergaul itu! Mending di rumah bareng my sweet LFS. It even doesn't complain 'bout the word F**K.

Comments

Popular Posts