Menjudulkan Postingan

Apakah yang membuat orang ingin membaca suatu wacana? Tentunya sebuah judul yang terpampang. Tulisan yang dibuat menonjol dengan besar huruf dan ketebalan yang lebih dibandingkan dengan tulisan isi ini merupakan sebuah representasi dari tulisan yang terkandung di dalamnya.

Apakah sebuah judul?

Menurut pelajaran Bahasa Indonesia yang saya dapat, judul adalah sebuah frasa/penggalan kalimat.Contoh dari judul:

# Sebuah Pagi yang Cerah
# Hancurnya Surau Kami
# Harimau Di Tengah-tengah Kucing Garong

Nah, kalo kata koran Lampu Merah, judul adalah sebuah kalimat kompleks dan kadang nyaris kayak paragraf yang ngejelasin isinya supaya gak perlu baca semua.

# Pulang Gak Dapet Uang, Nemu Bini Selingkuh, Eh, Marah, Bini Dihajar Mati.
# Salah Naro Anunya, Si Kakek Malah Bikin Anak, Si Cucu Lapor, Emaknya Naek Pitam dan Si Kakek Mati Digebuk Massa.
# Pulang Sekolah Gak Langsung Ke Rumah, Ketemu Gerombolan Pelajar Dari Sekolah Laen, Eh Kejebak Tawuran, Mati, Deh...

Sekarang, mana yang benar?

Kalau menurut peraturan negara ini, judul adalah sebuah frasa. Tetapi, kalau menurut statistik penjualan, judul adalah sebuah kalimat kompleks.

Jadi, apakah judul sebuah definisi resmi atau sebuah definisi populer?

Comments

  1. sebenarnya gak perlu seketat itu walau sebaiknya memang berupa frasa.

    Untuk kasus lampu merah,kan ditandai dengan tanda kurung. Jadi sebenarnya yang di dalam tanda kurung adalah subjudul.


    Lagipula,
    setidaknya merangsang tukang becak, tukang ojek untuk membaca.

    ReplyDelete
  2. Gw gak tahu,sih, soal segmentasi. Tapi, seingat gw, Bahasa Indonesia adalah salah satu prasyarat adanya bangsa ini. Nah, kalo klausulnya aja ud gak jelas gini, maka perlukah kita kuatir terhadap relevansi bangsa ini?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts